a. Jumper
3. Rangkaian Simulasi [Kembali]
4. Prinsip Kerja Rangkaian[Kembali]
Kondisi 1:
B1 dan B0 bernilai 1 (tidak aktif), dengan B2=0 dan B4=1, maka JK flip-flop mengalami reset (Q=0). D flip-flop juga menghasilkan Q=0 karena input B5=0.
Kondisi 2:
Dengan B1=B0=1, B2=1 dan B4=0, JK flip-flop akan set (Q=1). D flip-flop dengan B5=1 juga memberikan hasil Q=1 pada tepi clock.
Kondisi 3:
Ketika B2=0 dan B4=0 serta set/reset tidak aktif, JK flip-flop berada pada kondisi hold, menjaga nilai Q sebelumnya. D flip-flop juga tetap mempertahankan nilai sebelumnya.
Kondisi 4:
Pada B2=1 dan B4=1, JK flip-flop bekerja dalam mode toggle, membalik Q setiap kali clock (B3) aktif. D flip-flop mengikuti nilai B5 pada setiap tepi clock B6.
Kondisi 5:
Jika B1=0 (set aktif), maka Q langsung menjadi 1. Sebaliknya, jika B0=0 (reset aktif), Q langsung menjadi 0. Keduanya bekerja tanpa menunggu clock karena bersifat asinkron.
Kondisi 6:
Saat B1=0 dan B0=0 bersamaan, kondisi menjadi tidak valid karena perintah set dan reset aktif secara bersamaan.
Kondisi 7:
Ketika B2=1 dan B4=1, JK flip-flop terus toggle pada setiap pulsa clock, membalik Q dari 0 ke 1 atau sebaliknya.
Datasheet IC 7474 [Download]
Datasheet Switch Spdt [klik]
Datasheet Power Supply [klik]
Datasheet Logic Probe [klik]
Datasheet Ground [klik]







No comments:
Post a Comment